Kebijakan QSHE

Apexindo mengkhususkan diri dalam penyediaan jasa pengeboran minyak, gas, dan panas bumi, dan memiliki visi "Sebagai kontraktor pengeboran kelas dunia yang menawarkan kualitas tanpa kompromi". Satu landasan penting dalam memenuhi visi ini adalah untuk memberikan tingkat layanan industri terkemuka dan kami akan mengoperasikan Sistem Manajemen Terpadu Apexindo (AIMS) sesuai dengan ISO saat ini 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001 sistem standar manajemen untuk mencapai hal ini.

Apexindo berkomitmen untuk mencapai keunggulan Kualitas, Keselamatan, Kesehatan, Lingkungan. Ini adalah tanggung jawab manajemen dan karyawan di semua fungsi. Apexindo akan berusaha untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dan sehat dan menghindari dampak buruk terhadap lingkungan dan mencegah pencemaran di mana kita melakukan bisnis.

Oleh karena itu, merupakan kebijakan perusahaan untuk:

  • Menunjukkan kepemimpinan yang jelas dan aktif yang melibatkan karyawan dan sub-kontraktor dalam mengelola QSHE sebagai tanggung jawab sesuai dengan otoritas dan akuntabilitas yang jelas.
  • Pastikan bahwa semua karyawan dan kontraktor memahami bahwa bekerja dengan aman adalah syarat kerja, dan bahwa mereka masing-masing bertanggung jawab atas keselamatan mereka sendiri dan keselamatan orang di sekitar mereka.
  • Mematuhi semua persyaratan hukum yang berlaku dan persyaratan lain yang berkaitan dengan kualitas, keselamatan, kesehatan dan lingkungan hal yang diikuti organisasi.
  • Memenuhi atau melebihi harapan pelanggan sekaligus taat dan terus meningkatkan Sistem Manajemen Terpadu kami.
  • Menetapkan tujuan, mengukur hasil, meninjau kembali dan terus meningkatkan proses, kualitas layanan, melalui penggunaan sistem manajemen yang efektif.
  • Membangun dan memelihara kemitraan dengan kontraktor atau vendor kami dan akan terus mengembangkan kemitraan untuk memberikan layanan yang lebih baik.
  • Mendukung  Otoritas Penghentian Kerja untuk menghentikan tindakan tidak aman, kondisi tidak aman, tindakan dan kondisi yang akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Kami berkomitmen untuk segera menyelesaikan masalah yang dihasilkan dari karyawan mengangkat Otoritas Penghentian Kerja.

Kebijakan Perlindungan Jatuh

PT Apexindo Pratama Duta Tbk mempunyai kebulatan tekad untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman kepada karyawannya dan mencegah kecelakaan kerja karena jatuh. Perlindungan jatuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebulatan tekad kami terhadap lingkungan kerja yang aman. Apabila, seseorang pekerja terpajan terhadap bahaya jatuh, prosedur dan perlengkapan tersedia untuk menurunkan dan/atau menghilangkan bahaya ketika bekerja di ketinggian.

Perlindungan jatuh harus dicapai menggunakan urutan kontrol yang melibatkan semua tingkatan manajemen, supervisor dan personil rig/yard.

Pekerja diharuskan untuk menilai resiko yang ada pada pekerjaannya dan memastikan dengan benar bahwa langkah mitigasi telah dilakukan untuk mencegah ketika naik dan bekerja di ketinggian. Bilamana ada pekerja yang tidak yakin dengan metoda kerja, perlengkapan atau prosedur untuk menurunkan resiko, hendaknya pekerja menghentikan pekerjaan dan mencari arahan dari atasannya.

Penerapan terhadap kebijakan ini harus didasarkan pada prosedur perlindungan jatuh dan merupakan tanggung jawab dari setiap pekerja di perusahaan. Kebijakan ini didukung oleh level tertinggi dari manajemen dan harus ditegakkan tanpa terkecuali. Ini merupakan tujuan dari PT Apexindo Pratama Duta Tbk untuk menurunkan dan akhirnya menghindarkan dari adanya cidera akibat dari bekerja di ketinggian.

Merupakan kewajiban dari semua karyawan PT Apexindo Pratama Duta Tbk untuk melaporkan sesegera mungkin kepada supervisor, manajer, HSE representative, atau anggota dari HSE Committee atas kondisi yang berbahaya, cidera, kecelakaan, atau sakit yang berhubungan dengan pekerjaan. Sebagai tambahan, pekerja harus melindungi kesehatan dan keselamatannya dengan memenuhi perundangan yang terkait dan mengikuti kebijakan, prosedur, aturan dan instruksi yang telah ditentukan oleh PT Apexindo Pratama Duta Tbk.

Indeks Survey Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah satu aspek yang perlu diukur untuk memahami kebutuhan pelanggan. Mengetahui indeks kepuasan juga diatur oleh salah satu sertifikasi yang dimiliki  Apexindo, ISO 9001: 2008 pada Sistem Manajemen Mutu. Melalui dasar yang jelas ini, Apexindo kemudian melakukan survei tahunan untuk mendapatkan gambaran bagaimana klien merasakan kepuasan dalam pelayanan yang diberikan. Menemukan kepuasan pelanggan juga merupakan salah satu poin penting dalam Tujuan dan Target QSHE. Apexindo selalu mencoba untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dengan menetapkan indeks skor minimum 4 dari nilai 6 dalam mengukur kinerja secara keseluruhan. Selama bertahun-tahun, hasil survei ini ditujukan dan digunakan untuk merangsang peningkatan progresif dalam hal praktek kerja dan proses, mendukung komitmen kami untuk layanan yang sangat baik.

Inisiatif-Inisiatif SHE

Di Apexindo, kami melakukan peningkatan proses kerja dan mengambil sikap terdepan dalam implementasi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan. Beberapa inisiatif tersebut seperti di bawah ini:


  • a. Kunjungan Manajemen - Secara berkala, jajaran Manajemen kami melakukan kunjungan ke onshore rig dan offshore rig yang kami miliki. Dalam kunjungan ini, pihak Manajemen akan berdiskusi dengan seluruh personil yang berada di lapangan terkait isu-isu mengenai K3 dan juga operasional kerja.
  • b. Pencegahan Cidera Jari dan Tangan - 1) Sarung tangan High Impact. Aktivitas rig yang memungkinkan terjadinya cidera pada jari dan tangan mendorong kami untuk dapat menyediakan alat pelindung diri (APD) yang tepat, guna mendukung aktifitas kerja personil kami yang ada di lapangan. Penyediaan high impact gloves merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.
  • 2) Kebijakan Hand-off - Meminimalkan kontak tangan dan material yang menciptakan titik jepit dengan menggunakan alat bantu merupakan salah satu inisiatif untuk mengurangi cidera jari dan tangan di seluruh area operasi Apexindo.
  • c. Kampanye Poster - Peningkatan pengetahuan akan hal-hal terkait K3 dapat meningkatkan kesadaran karyawan untuk dapat berlaku aman selama menjalakan aktivitas pekerjaannya. Kami meletakkan poster-poster terkait K3 yang informatif, ringkas dan menarik di seluruh area kerja rig kami.
  • d. SHE Recognition Program - Program ini berupaya untuk meningkatkan partisipasi aktif dari seluruh personil kami dalam meciptakan budaya K3 di lingkungan kerja. Setiap bulannya kami akan memberikan hadiah kepada personil yang telah memberikan input yang sangat baik melalui SHE Observation Card. Selain itu, setiap enam bulan sekali, kami memberikan safety bonus kepada crew team yang berhasil meciptakan lingkungan kerja yang Zero Lost Time Injury (LTI).
  • e. Health Risk Assessment (HRA) - Tidak hanya tentang menciptakan lingkungan kerja yang aman, bagi kami menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman juga merupakan hal yang menjadi perhatian kami. Melalui Health Risk Assessment (HRA), kami berupaya untuk mengetahui dan mengidentifikasi setiap bahaya kesehatan yang ada dan mungkin muncul di seluruh aktifitas operasional dan lingkungan kerja kami. Kami menyadari bahwa kondisi kesehatan personil yang prima merupakan hal yang utama untuk menciptakan kinerja yang produktif.
  • f. Pelatihan - Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu elemen penting dalam pelaksanaan sistem manajemen K3. Personil harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang mencukupi terkait K3 guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk menciptakan budaya kerja yang aman. Fundamental Apexindo Safety Training (FAST) merupakan program yang kami rancang sebagai sarana peningkatan pengetahuan personil kami terhadap K3.
  • g. Audit - Guna memastikan seluruh elemen dari sistem manajemen K3 berjalan dengan baik dan proses perbaikan berkelanjutan tercapai, secara berkala kami melakukan audit (internal, external dan third party) di seluruh lini yang ada di perushaan kami baik kantor pusat dan seluruh area operasional rig.